Terapi dan Pijat Relaksasi Untuk Ibu Hamil di Mom n Jo Medan

Penelitian mengenai hubungan wanita hamil dan stres berhasil menemukan korelasi bahwa wanita yang mengalami stres selama masa kehamilannya ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan dan perkembangan janin. Bahkan, sebuah referensi yang saya baca menuliskan, "Ibu hamil yang mengalami stres memberikan dampak stres yang lebih besar terhadap janin yang dikandungnya." Perbandingannya bahkan mencapai 1:3, artinya janin bisa mengalami stres hingga tiga kali lipat dari stres yang dirasakan ibunya. Akibatnya, anak bisa mengalami penurunan sistem imun (kekebalan tubuh melawan penyakit). Sebaliknya, wanita hamil yang bisa merasakan rileks juga membuat janin tiga kali lebih rileks.

Stres yang dirasakan oleh wanita hamil ini mencapai puncaknya, biasanya saat usia kehamilan trimester pertama dan selama trimester akhir menjelang persalinan. Pada masa trimester pertama (minggu pertama hingga minggu ke-12 setelah menstruasi terakhir) disebut-sebut sebagai masa rawan; janin dalam proses pertumbuhan dan perkembangan awal, sehingga kondisinya masih rawan dan sangat sensitif. Di masa ini, wanita hamil harus ekstra berhati-hati dalam artian sebisa mungkin menghindari goncangan, tekanan, atau benturan pada areal perut. Meskipun demikian, faktor hormonal seperti tensi darah tinggi dan rasa mual (Emesis Gravidarum) kerapkali menyerang wanita hamil dan secara tidak langsung turut menyumbang sebagai stressor (hal-hal yang mengakibatkan stres). Trimester kedua (minggu ke-13 hingga minggu ke-27) disebut sebagai trimester aman atau santai. Artinya, kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin sudah relatif stabil, pun demikian dengan kondisi psikis dan fisik ibu. Nah, selama masa trimester akhir (minggu ke-28 hingga melahirkan) kembali wanita hamil dituntut untuk ekstra hati-hati, termasuk menjaga kebugaran fisik dan psikis. Pada periode ini, adanya gangguan seperti benturan, tekanan, goncangan, dan juga gangguan kondisi kejiwaan seperti stres bisa mengakibatkan bayi lahir prematur, lahir sebelum waktunya, atau bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Kondisi ideal bagi wanita hamil tentunya sepanjang masa kehamilan kondisi kesehatan fisik dan psikisnya terus terjaga, fit, dan kebutuhan nutrisi terpenuhi. Namun demikian, saya rasa di masa trimester pertama dan terakhir, wanita hamil tetap harus lebih ekstra memanjakan dirinya. Itulah alasan, hari Sabtu (19/04/2014) lalu saya menghadiahkan istri sebuah perawatan khusus yang dijamin bisa memanjakan dirinya dan (calon) bayi kami : Merelaksasikan diri di Mom n Jo, salon dan layanan spa khusus untuk wanita hamil, bayi, dan anak-anak.

Sebelumnya, istri saya mengeluhkan kondisi fisik kehamilannya yang berubah, setelah tiga hari sebelumnya dia merasakan turun rahim (istilah medisnya disebut Prolapsus Uteri) : Sebuah kondisi dimana otot-otot penahan rahim melemah dan mengakibatkan turunnya rahim hingga ke liang vagina -sebagai jalur lahir). Biasanya kondisi ini disebabkan oleh kelahiran lebih dari sekali, usia wanita hamil di atas 30 tahun, atau ukuran bayi terlalu besar (sepertinya yang terakhir ini paling masuk akal dalam kasus istri saya). Namun, setelah kami memeriksakan kondisi ini ke dokter langganan, dr. Kendy Gunawan, Sp.OG. dari RSIA Stella Maris, Kota Medan, melalui metode USG -Ultrasonografi, dokter mengatakan ini kondisi yang normal, kondisi istri dan (calon) bayi sehat, dan bahkan merupakan kelebihan tersendiri karena istri dan (calon) bayi kami telah siap melalui proses kelahiran pada waktunya nanti. Mendengar penjelasan dr. Kendy membuat saya dan istri menjadi tenang dan bahkan semakin optimis menanti masa kelahiran yang diprediksi akan terjadi di sekitar minggu pertama bulan Juni 2014.

Mom n Jo adalah sebuah salon dan layanan khusus spa untuk wanita hamil, bayi, dan anak-anak ternama.  Mom n Jo juga telah tergabung dalam anggota American Pregnancy Association (APA -sebuah organisasi kesehatan yang berkomitmen untuk mempromosikan kesehatan reproduksi dan kehamilan melalui edukasi, dukungan, advokasi, dan kesadaran masyarakat) dan American Pregnancy Massage Association (APMA). Semua terapis di Mom n Jo telah mendapat sertifikat internasional dalam perawatan wanita hamil dan bayi. Ada belasan cabang Mom n Jo tersebar di Indonesia. Di Kota Medan, lokasinya berada di jalan Kartini Dalam No.23 (belakang Hotel Tiara). Dengan tagline Healthy Pregnancy, Happy Baby, Mom n Jo mencoba membuktikan penelitian adanya korelasi antara kondisi fisik dan psikis ibu dengan kesehatan bayi melalui metode terapi dan layanan, serta produk barang yang ditawarkan.

Untuk mendapatkan layanan terapi di Mom n Jo, sebelumnya saya sarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena dikhawatirkan full booked atau tak kebagian tempat. Lalu petugas customer care akan membimbing Anda untuk mendapatkan layanan terapi yang tepat. Saya sendiri memilih layanan Pre Baby Bliss Massage untuk istri dan (calon) bayi. Layanan ini dikhususkan untuk calon ibu, berdurasi 80 menit dengan terapi berupa massage (pijat) untuk wanita hamil menggunakan aroma therapy tertentu untuk membuat calon ibu lebih rileks.

Memasuki rumah terapi Mom n Jo, semua pengunjung harus melepas alas kaki (termasuk kaus kaki), kemudian customer yang datang untuk pertama kalinya akan diberikan formulir untuk diisi; berisi data-data customer termasuk jejak medis, riwayat kesehatan, riwayat kehamilan, data dokter dan rumah sakit, termasuk data suami. Setelahnya, customer akan mendapatkan member card yang berarti data kita telah tersimpan dalam basis data.

Di dalam rumah terapi Mom n Jo, pengunjung akan dimanjakan dengan arsitektur ruangan dan desain interior yang elegan dan mampu memberikan efek menenangkan. Paduan elemen alam seperti tanah dan kayu menjadi pilihan utama dan mendominasi dengan berbagai baluran warna coklat. Pengunjung juga bisa melihat berbagai produk barang Mom n Jo yang ditawarkan dalam etalase yang diatur sedemikian rupa agar tidak membosankan. Meskipun dikhususkan untuk wanita hamil, bayi, dan anak-anak, namun Mom n Jo juga memberikan layanan terapi untuk pria (baca : ayah) dengan syarat harus didampingi oleh istri.

Setelah proses administrasi selesai, seorang terapi ditunjuk untuk mendampingi kami. Namanya Mbak Aida, terapis ini benar-benar ramah. Dia benar-benar memperlakukan istri saya sebagai ratu, hingga saat berjalan dan naik tanggapun, sampai menggandeng/membimbing istri. Jadi minder deh sebagai suami. Pertama-tama, istri saya diminta untuk menimbang badan, lalu diukur tekanan darah (tensi)-nya. Selanjutnya, sambil menggandeng istri, Mbak Aida mengajak kami naik ke lantai 2 dan masuk ke sebuah kamar/ruangan berukuran 4x4 dengan sebuah kasur pijat di tengah ruangan, interior dandan (meja rias, lengkap dengan kaca berukuran besar, dan berbagai perlengkapan di atasnya), sebuah kursi rias, sebuah kursi malas dan meja, serta di sudut ruangan ada sebuah kamar mandi mini. Seperti yang saya tuliskan sebelumnya, interior ruangan didominasi warna coklat yang menggambarkan elemen kayu dan tanah, sebuah lukisan yang menggambarkan alam yang asri, dan balutan kertas dinding juga berwarna senada, termasuk warna kasur, bantal, guling, dan selimut. Disini, privasi customer benar-benar diperhatikan.

Terapi dan pijat relaksasi untuk ibu hamil di Mom n Jo Medan
Istri saya ketika sedang diukur tensi atau tekanan darahnya oleh seorang terapis di Mom n Jo Medan
Arisandy Joan Hardiputra di Mom n Jo Medan
Saya berfoto dengan latar belakang sedikit interior di salah satu ruang terapi Mom Jo Medan

Di awal terapi, Mbak Aida membasuh kaki istri saya dalam sebuah baskom berisi air hangat dan campuran aroma therapy. Kemudian meminta istri saya mengganti pakaian dengan pakaian terapi yang telah disediakan oleh Mom n Jo. Selanjutnya meminta istri untuk naik ke atas kasur pijat dan mulai membalurkan therapy oil ke seluruh badan istri saya. Salutnya, setiap kali meminta istri berganti posisi, ia meminta dengan lembut dan tak lupa memberikan perhatian pada (calon) bayi kami dengan menempatkan bantal penyangga sedemikian rupa di perut istri. Pijatan lembut yang diiringi oleh alunan musik klasik dan melankolis sepertinya berhasil membuat istri dan (calon) bayi rileks. Walaupun labelnya terapi untuk ibu hamil, namun terapis hampir tak menyentuh perut istri, hanya sekali saat dia mengoleskan therapy oil ke istri sambil menanyakan kondisi kehamilan. Mungkin sudah bagian dari Standard Operating Procedures (SOP)-nya ketika saya mendengar beberapa kali Mbak Aida memuji istri saya. Salah satu usaha membuat rileks dan senang, menurut saya. Hanya saja, seharusnya disini disediakan buku-buku atau majalah kesehatan yang bisa dibaca suami untuk menghabiskan waktu, karena saya sempat 'mati gaya' dan bosan menunggu selama sesi terapi istri, bahkan alunan musik mellow membuat saya mengantuk.

Terapi dan pijat relaksasi untuk ibu hamil di Mom n Jo Medan
Awal terapi, membasuh kaki dengan air hangat


Tak terasa bagi istri setelah 80 menit waktu berlalu dan sesi terapi berakhir. Mbak Aida menawarkan minuman untuk saya dan istri berupa sari jahe dan teh hangat. Setelah istri membersihkan diri di kamar mandi, kami menuju ke ruang tunggu di lantai bawah dan Mbak Aida segera membawakan secangkir sari jahe hangat untuk saya dan teh hangat untuk istri.

Epi Friezta Dewi Hasibuan, terapi dan pijat relaksasi untuk ibu hamil di Mom n Jo Medan
Ruang lobi di Mom n Jo juga diatur sedemikian rupa letak dan komposisi warnanya untuk memberikan kesan nyaman pada pengunjung

Setelah bersantai sejenak dan menyelesaikan pembayaran di kasir, kami pun menuju ke rumah. Istri saya sepertinya benar-benar bahagia dan memang kulitnya menjadi lebih bersih dan bersinar. Istri senang, (calon) bayi kami tiga kali lebih senang, saya pun puas bisa memberikan kado kecil untuk mereka. Meski sederhana, namun terasa begitu berarti karena diperuntukkan kepada orang-orang tersayang.


Salam Sehat & Bahagia,

Arisandy Joan Hardiputra
ARISANDY JOAN HARDIPUTRA




















Untuk informasi lengkap tentang Mom n Jo, silahkan kunjungi :

website : www.momnjo.com
Facebook Page : Mom n Jo Spa
Twitter : @momnjospa

Informasi lengkap dan reservasi di Mom n Jo Medan :

Twitter : @momnjomedan
Alamat : Jalan Kartini Dalam No.23, Kota Medan
Telepon : 061-4156669

Tips : Jangan ragu-ragu untuk menanyakan paket layanan yang disediakan, promo atau diskon untuk produk dan layanan tertentu, dan harga untuk setiap paket layanan yang ditawarkan oleh Mom n Jo.
Banner Mom n Jo Medan



Komentar

  1. makanya bang, semuanya itu abang yang membuat si kakak stress XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, lha makanya abang kasih kado relaksasi nih.
      menebus rasa bersalah maksudnya.

      Hapus
  2. wajib cobaa nihh makasih infonya ya ,, sangat membantu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Selamat mencoba dan sehat terus untuk ibu dan bayinya ya?!

      Hapus

Posting Komentar

Setiap bentuk penyalinan (copying) blog ini harus menyertakan link/URL asli dari Blog CECEN CORE.

Postingan populer dari blog ini

Hours: Film Terakhir Paul Walker yang Menginspirasi Ayah; Sebuah Resensi

Cerita Liburan Long Weekend di Kota Bandung Bersama Keluarga

Pengalaman Liburan ke Ancol dan Menginap di Discovery Hotel and Convention